3 Cara Pencegahan DBD

Rabu, 29 Juli 2015 - 07:31 WIB
3 Cara Pencegahan DBD
3 Cara Pencegahan DBD
A A A
JAKARTA - Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkpan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Umumnya, penyakit ini menyerang saat musim penghujan.

Bahkan, setiap tahun sekitar setengah juta orang di dunia dikabarkan mengalami DBD berat. Untuk gejala, umumnya penderita kerap diikuti dengan syok dan pendarahan. Sementara itu, lebih dari 40% penduduk di Asia berisiko terserang DBD.

Oleh karena itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan, Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP (K), MARS, DTM&H, DTCE memberikan tips untuk pencegahan DBD. Berikut diantaranya.

1. Pengendalian vektor nyamuk, khususnya dengan program 3 M plus. 3M plus merupakan cara penanggulangan utama.

2. Vaksin yang kini dikembangkan baru menunjukkan perlindungan sekitar 60%, yaitu perlindungan 75% untuk jenis virus Den-3 dan Den-4‎, perlindungan 51% untuk jenis virus Den-1, dan perlindungan 35% untuk jenis virus Den-2.

3. Penelitian seperti upaya menemukan jenis sel apa di tubuh manusia yang berperan dalam imunitas protektif, kemungkinan pembentukan antibodi artifisial yang dapat menangani ke empat sub tipe virus Dengue di atas, serta mencoba menekan populasi nyamuk‎.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5186 seconds (0.1#10.140)